Subscribe:

Friday, September 9, 2011

Tips Memulihkan Kendaraan Setelah di Pakai Mudik


Saat mudik kita pasti menempuh perjalanan yang sangat jauh, terkadang membuat performa mobil mengalami sedikit penurunan. Lalu, kiat apa saja yang harus dilakukan untuk memulihkan kendaraan Anda?
Pertama, periksa kondisi keselarasan kaki-kaki mobil. Cara yang paling mudah dan efisien adalah dengan melakukan wheel alignment, spooring dan balancing,  jika diperlukan

Kedua, periksa kembali kondisi mesin. Lakukan kiat yang sama seperti ketika Anda bersiap untuk liburan. Tetapi, kali ini beri perhatian ekstra pada kondisi air radiator. Biasanya pada mobil yang telah menempuh perjalanan jauh, terjadi perubahan warna pada air radiator. Bila terdapat air radiator yang keruh, kuras dan ganti seluruhnya.

Ketiga, periksa ulang kondisi ban. Lebih baik lagi dirotasi. Perhatikan pula keausan telapak ban, jika mendapati telapak ban yang tidak rata, maka ada dua indikasi yang terjadi. Yang pertama akibat tekanan udara ban yang berkurang dan kedua karena menurunnya kinerja suspensi.

Keempat, periksa kondisi saringan udara. Bersihkan dengan prosedur yang sesuai dengan karakteristik saringan udara mobil (beberapa mobil mengadopsi filter yang dapat dicuci dengan air sabun, alkohol, ataupun oli khusus).

Kelima, cuci mobil, lalu lihatlah bagian kolong mobil untuk memastikan semuanya bersih dari kotoran yang menimbulkan korosi.

0 comments:

Post a Comment