Subscribe:

Friday, September 23, 2011

Frankfurt - BMW Seri-5 dan Citroen DS3 Menjadi Idaman Wanita



Dari ratusan model mobil yang terpajang di Frankfurt Motor Show, Jerman, ternyata BMW Seri-5 dan Citroen DS3 paling diminati oleh kaum hawa. Tak pelak, keduanya dinobatkan sebagai Women’s World Car of the Year (WWCOTY) 2011 melalui hasil voting oleh 14 juri yang berprofesi wartawan otomotif dan berasal dari 8 negara.

Kedua mobil tersebut terpilih setelah memenuhi 10 kriteria yang ditentukan kaum wanita. Dalam penilaian yang diutamakan bukan kecepatan, torsi, dan akselerasi, tapi meliputi  ramah terhadap anak, keamanan, aura sex (Sex appeal), bernilai ekonomis, estetika, warna, mudah dikemudikan, ruang penyimpanan dan jejak lingkungan yang baik.

Nah, Citroen DS3 berhasil meraih mobil predikat sebagai mobil paling ekonomis mengungguli MINI One Diesel, sedangkan BMW Seri 5 mengalahkan Jaguar XJ dalam segmen mobil mewah versi WWCOTY.
Kategori lain, Volvo S60 dinobatkan sebagai mobil keluarga terbaik di atas Kia Sportage, Aston Martin Rapide meraih mobil sport terbaik unggul dari Audi TT. Sedangkan mobil paling ramah lingkungan diraih Audi A1 mengalahkan Honda CR-Z.

"Penghargaan ini cukup unik bagi dunia dan terus mendapatkan pengakuan. Kami memulai pemilihan ini sejak 2009 dan ini mencerminkan pentingnya sudut pandang wanita di industri otomotif," ujar Ketua Juri WWCOTY Sanfy Myhre, dalam situs resminya womensworldcoty.com.

Grant Thornton - lembaga auditor yang ditunjuk menghitung hasil voting - menyatakan, dari setiap kategori bisa ditentukan siapa pemenangnya. Tapi dari nilai keseluruhan, BMW Seri 5 dengan Citroen DS3 sudah unggul jauh. "Setiap juri menilai berdasarkan keahliannya masing-masing dan tentu tak ada rekayasa di sini. Tapi, ini menunjukkan demokrasi dan salah satu ciri sistem voting (yang memungkinkan ada dua pemenang)," beber Paul McCormick, Direktur Grant Thornton.

Sementara itu, Sanfy Myhre yang berasal dari Selandia Baru menambahkan, tahun depan akan ada tambahan dua kursi juri, termasuk jurnalis Australia. Meski tak dijelaskan secara spesifik mengapa dua mobil utama itu terpilih menjadi yang terbaik, tapi melihat dari sudut pandang wanita, ada benarnya juga. Setuju?


sumber : kompas

0 comments:

Post a Comment