Subscribe:

Wednesday, September 14, 2011

Honda Siapkan 5 Model Hybrid buat China



Honda Motor Co.(HMC) berencana terus mengusahakan untuk menjual dan memproduksi mobil hybrid di China. Usaha ini ditempuh sebagai revitalisasi merek mereka dan mengikuti tren produsen lain yang sudah mulai mengarah pada kendaraan irit bahan bakar dan juga ramah lingkungan.

Seiji Kuraishi, Chief of Honda China Operations mengatakan,"Honda akan mulai memproduksi mobil electric-gasoline di Cina dalam 2 atau 3 tahun mendatang." Sebagai langkah awal, Honda akan melaunching 5 mobil hybrid sekaligus, yakni Insight, CR-Z, Fit, Civic dan juga premiumnya Acura.


Kuraishi juga bertekad untuk mempopulerkan teknologi hybrid di China. Upaya pengembangan teknologi green car saat ini memang lebih terfokus pada aplikasi mobil elektrik dibanding hybrid. Alasannya, harga mobil hybrid di negeri Panda tergolong mahal karena masih diimpor dari Jepang dan juga terganjal soal pajak.

Sebagai perbandingan, saat ini Civic Hybrid dijual 269.800 yuan atau sekitar $42.200. Sedangkan di Amerika Serikat berkisar antara $24.000 hingga $ 27.000. Berarti, lebih mahal 2 kali lipat dan ini pula yang menyebabkan populasi Civic Hybrid hanya terjual 200 - 300 unit setahun di China.

Menurut Kuraishi, Honda, paling tidak mampu menjual mobil hybridnya sekitar 50.000 unit dalam 2 - 3 tahun ke depan yang menandakan pasar kendaraan tersebut sudah mulai populer. Dengan pencapaian sebesar itu, perusahaan sudah harus siap membangun produk hybrid.

Pada awal proses produksi nanti, lanjut Kuraishi akan dimulai dari proses perakitan dengan komponen dikirim dari Jepang. Seiring berjalannya waktu beberapa produk lokal akan dipergunakan termasuk pengadaan baterai dan motor elektrik sebagai langkah penyusutan harga produksi sehingga dapat dijual lebih terjangkau.

sumber : kompas

0 comments:

Post a Comment