Subscribe:

Thursday, September 15, 2011

Lamborghini Gallardo LP570-4 "The Most Extreme Gallardo Ever"



Supersport car yang mendapat perhatian lebih  pada pembukaan hari pertama Frankfurt  Motor Show 2011 atau IAA ke-64  adalah Lamborghini Gallardo LP570-4 Super Trofeo Stradale. Mobil ini dijuluki sebagai “The Most Extreme Gallardo Ever” atau Gallardo paling ekstrem.

Semalam sebelum pembukaan pameran, dalam acara “Volkswagen Group Night di Frankfurt, Presiden dan CEO Automobili Lamborghini S.p.A, Stephan Winkelmann menjelaskan, mobil baru ini membawa langsung kehebatan mobil balap  ke jalan raya. Karena itu pula  supersport terbaru ini diklaim sebagai varian paling top dari seluruh Gallardo. Selama ini, Gallardo dibalapkan pemiliknya di single make race tercepat di dunia, yaitu Lamborghini Blancpain Super Trofeo.

Hanya 150 unit
Sebagai supersport yang eksklusif, Gallardo LP570-4 Trofeo Stradale hanya akan diproduksi 150 unit.Dijelaskan, versi balap dan jalan raya punya beberapa kesamaan. Mesin tetap V10 (tidak perlu modifikasi untuk balap), spoiler belakang yang bisa diset secara manual dan berukuran besar. Dengan ukuran spoiler belakang lebih besar, stabiltas yang dihasilkan saat bermanufer pada kecepatan tinggi, 3x lebih besar dari Gallardo 560-4.
  
Elemen lain yang diambil dari versi balap adalah kap mesin yang dapat dibuka dengan sistem copot cepat. Spoiler dan kap mesin dibuat dari komposit karbon dan rangka dari aluminium, Hasilnya, totalnya hanya 1.340 kg aau lebih ringan 70 kg dari LP560-4. Perbandingan tenaga dan bobot hanya 2,35 kg per PS.

Dengan menggunakan pelek aluminium, Gallardo ini mampu melakukan sprint 0-100 km/jam hanya 3,4 detik. Sedangkan untuk mencapai kecepatan 200 km/jam, butuh 10,4 detik saja. Selanjutnya, kecepatan tertinggi  320 km/jam.

Sesuai dengan tradisi balap Italia, bodi dicat merah alias “Rosso Mars” dengan aksentuasi kontras hitam pada bagian tertentu, misalnya  spoiler depan, kap mesin, saluran udara depan, pelek (juga atap sebagai opsi),  rumah kaca spion dari serat  karbon yang  mengkilap. Sementara itu, kaliper rem dicat merah, pertama kali dilakukan Lamborghini pada  produknya.

Kemampuan mesin menghasilkan tenaga 419kW atau 570PS pada 8.000 rpm dan torsi 540 Nm pada 6.500 rpm dengan suara garangnya yang khas. Tenaga dan torsi diteruskan ke ban dan roda  berukuran 19 inci melalui sistem gerak 4-roda permanen dan transmisi 6-percepatan yang dioperasikan secara robotik. Perpindahan gigi juga bisa dikontrol secara manual melalui  paddle shift di setir.  

Interior Minimalis
di bagian Interior, menurut Lamborghini didesain minimalis dengan warna kontras hitam dan merah. Jok dibungkus kulit Alcantara hitam, kontras dengan bagian bawah dashboard  Rosso Mars dan setir berlapiskan suede hitam.  

Material serat karbon juga digunakan untuk tuas rem tangan, konsol tengah, jari-jari bawah setir, hiasan di sekitar panel instrumen utama dan kedua serta handel  pintu.

Perlengkapan keamanan yang disertakan adalah kontrol stabilitas ESP. Kaliper rem depan yang dibuat dari aluminium, menggunakan 8 piston, sedan belakang 4 piston. Sedangkan diameter cakram, depan 365 mm dan belakang 356 mm.

Untuk balap, sudah disiapkan roll cage dengan sabuk pengaman empat titik. Perlengkapan lain: navigasi statelit  koneksi Bluetooth dengan smartphone atau gadget lainnya, kontrol anti-maling dan sistem yang bisa menaikkan ketinggian as roda depan ketika mobil mulai dijalankan.

detail yang lain, panjang 4.365 mm, lebar 1.900mm, tinggi 1.165 mm dan jarak sumbu roda 2.560 mm dengan distribusi bobot, depan-belakang 43/57. Kapasitas tangki bahan bakar  90 liter, oli mesin 10 liter dan pendingin  mesin 20 liter .

Konsumsi bahan bakar kombinasi 13,5 liter/100 km atau 7,4 km/liter. Kalau dipakai di dalam  kota untuk gaya, konsumsi bahan bakarnya 4,9 km/liter. 




sumber : kompas

0 comments:

Post a Comment