Subscribe:

Monday, September 19, 2011

Rimac Calon Pesaing Bugatti Veyron



Pada Gelaran Frankfurt Motor Show ternyata masih menyimpan mobil aneh dan eksotis, yaitu Rimac Concept One. Menariknya, ternyata pabrikan Kroasia yang menciptakan kendaraan tersebut, baru pertama kali mengiikuti pameran. Kali ini Rimac Automobili menghadirkan supercar elektrik yang memiliki kemampuan luar biasa.

Bayangkan, tenaga yang 1.073 hp  dihasilkan dari baterai yang mengurai energi listrik menuju empat sumber tenaga. Di setiap sumber tenaga yang terletak di keempat roda, masing-masing memiliki sebuah motor, inverter dan reduction gearbox. Tak heran, jika Rimac menggolongkan mobil konsepnya sebagai 'All Wheel Torque Vectoring'.

Kelebihan lain, setiap roda yang disokong oleh motor tersebut bisa secara independent mengatur akselerasi dan deselerasi kapan saja untuk menyesuaikan gaya menyetir pengemudi sesuai pilihan yang terdapat di kokpit.

Berdasarkan hasil uji coba, akselerasi yang dihasilkan dari 0 - 100 km/jam hanya 2,8 detik saja. Angka tersebut secara tidak langsung mengancam prestasi yang dibuat oleh Bugatti Veyron (2,41 detik). Kecepatan maksimum mencapai 304 km/jam, masih jauh dibanding Veyron yang mencetak 431 km/jam. Dengan begitu rekor yang diraih Veyron pada Guiness Book of World Record masih aman. Daya jelajah baterai seberat 1.650 kg ini jika terisi penuh dapat menempuh perjalanan sejauh 600 km.

Untuk mendapatkan power to weight ratio yang baik, seluruh bodinya dibalut serat karbon yang didesain oleh Adriano Mudri. Sedangkan ruangan kabin dirancang lewat buah karya mantan pegawai Pininfarina.
Mobil yang diproduksi di pinggiran Zagreb, Kroasia, ini akan mengeluarkan 88 unit yang dapat dinikmati pada 2013. Untuk urusan harga, menurut Mate Rimac selaku bos perusahaan, masih berada di kisaran harga jual Bugatti, Pagani dan Koenigsegg.


sumber : kompas

0 comments:

Post a Comment