Subscribe:

Sunday, September 18, 2011

Honda Buat Pabrik di Rusia



Pabrikan mobil Honda Jepang membangun pabrik perakitan mobil di Rusia, alasannya karena Rusia termasuk negara dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat. Seperti dilaporkan Nikkei, Senin (19/9/2011) pagi, rencana itu sudah disampaikan direksi Honda Motor Co. (HMC) kepada Menteri Perekonomian Rusia, pekan lalu.

Guna mendukung proses produksi, Honda akan mengimpor beberapa komponen dari negara lain dan "menjahitnya" di negara yang menghubungkan benua Asia dan Eropa itu. Kapasitas perdana yang disiapkan 30.000 - 50.000 unit per tahun dengan dana investasi segar milyaran yen. Lokasi pabrik sampai saat ini belum diputuskan karena masih menunggu keputusan dari kementerian Rusia. Tapi, kemungkinan besar di kawasan timur Rusia.

Saat ini Honda masih menjual unit secara impor utuh (completely built up/CBU) dari Inggris, Amerika Serikat dan Jepang. setiap unit mobil dibebani pajak impor sampai dengan 50 persen, inilah yang membuat harganya kurang kompetitif.

Honda berharap penjualan pada 2010 bisa digenjot sampai 18.000-an unit. Rusia menjadi negara berkembang yang tengah diincar prinsipal otomotif dunia selain, Brasil, India dan China. Langkah Honda menyusul prinsipal lain seperti Toyota, Nissan dan Mitsubishi yang sudah lebih dulu merakit mobil secara lokal. Tahun depan, giliran Mazda.

sumber : kompas

0 comments:

Post a Comment