Subscribe:

Tuesday, July 19, 2011

Komponen Sistem Motor starter Mobil

Definisi Motor Starter
Motor starter berfungsi untuk memutarkan fly wheel (Roda Gila) pada saat pertama kali melakukan start sehingga mesin dapat hidup setelah itu terjadi siklus yang akan menghasilkan tenaga.


 Gambar Motor Starter

Bagian-Bagian Motor Starter
Motor Starter terdiri atas beberapa bagian yang memungkinkan bekerja untuk mengubah energi listrik DC dari baterai menjadi tenaga gerak/putaran untuk memutarkan fly wheel. Sehingga mesin hidup.

Bagian-bagian Motor Starter:
  • Saklar Starter (Selenoid )
  • Kumparan Medan (Field Coil )
  • Kumparan Jangkar
  • Sikat Arang ( Brush )
  • Armatur dan komutator
  • Over running clutch dan roda gigi pinion

1. Saklar magnet ( Magnetic Switch )
Saklar Magnet bekerja sebagai saklar utama untuk mengatur arus masuk ke kumparan medan (Field Coil) dan mengontrol gigi pinion dengan mendorong dan menariknya.

Terminal – terminal yang ada pada saklar starter :
  • Terminal B : Mendapatkan arus langsung dari positif baterai (30)
  • Terminal C : Menghubungkan/mengalirkan arus dari terminal B ke kumparan medan (field coil)
  • Terminal ST (50) : Mendapatkan arus dari terminal ST (50) kunci kontak dan meneruskanya ke pull in coil  dan hold in coil  melalui plat kontak

2. Kumparan Medan ( Field Coil ) & Yoke
Arus dari baterai dialirkan ke kumparan medan yang terbungkus oleh pole core sehingga  menghasilkan medan magnet. Yang dibutuhkan motor untuk beroperasi. Field coil dihubungkan dengan Armature coil secara seri melewati sikat arang (brush).

3. Kumparan Jangkar (Armature).
Armature (kumparan jangkar) membangkitkan gerak daya putar akibat dari perbedaan arah gaya gerak listrik yang ditimbulkan oleh kumparan medan. Ball bearing menopang putaran kecepatan tinggi dari angkur. Armatur meneruskan arus listrik dari kumparan medan ke angkur melalui sikat arang (brush).

4. Sikat dan Pemegang Sikat .
Empat sikat (brush) menyalurkan arus ke armature coil melalui commutator. Dua diantaranya ditopang oleh insulated holder dan dihubungkan ke commutator (disebut dengan brush positif (+)) , dan kedua brush lainnya ditopang oleh grounded holder dan dihubungkan ke commutator (disebut dengan brush negatif (-)) Sikat itu dibuat dari karbon tembaga, yang mempunyai daya konduksi tinggi dan tidak gampang aus. Pegas sikat menekan pada permukaan putaran armature dan menghentikan putaran armature tepat saat starter berhenti dengan menekan sikat.

5. Over Running Clutch dan Roda Gigi Pinion.
Over Runing Clutch berfungsi untuk : Meneruskan putaran yang dihasilkan motor untuk menggerakkan fly wheel melalui roda gigi pinion.dan Menarik gigi pinion jika putaran gigi pinion lebih rendah daripada putaranfly wheel.


Roda Gigi pinion berfungsi meneruskan daya putar starter ke mesin dengan memutarkan ring gear. Helical spline mengubah daya berputar dari motor ke tuas pinion dan mendukung pertautan/pelepasan gigi pinion dari ring gear.

0 comments:

Post a Comment