Cara kerja Idle-Stop pada Hona PCX yang menggunakan mesin 125cc |
Honda akan meningkatkan efisiensi kerja mesin 125cc yang digunakan pada Matik yang dipasarkan secara global pada tahun 2012. Caranya, dengan menurunkan gesekan, antara lain dengan menggunakan teknologi silinder off-set dan piston off-set dari titik tengah poros engkol (crankshaft). Dengan metode ini, Honda mengklaim bisa membuat konsumsi bahan bakar makin irit 25%.
Selanjutnya, kinerja pembakaran ditingkatkan dengan merancang ulang penghubung saluran isap dengan ruang bakar plus mengoptimalkan kerja sistem pengapian. Selanjutnya, kinerja teknologi Idle-Stop (ACG Starter) makin halus dan mulus. Transmisi CVT yang menggunakan sabuk atau beltkaret dibuat makin elastis.
Komponen lain yang dipermak adalah roller rocker arm (lengan pelatuk katup) dikontrol dengan baik sehingga mengurangi gesekan selama mesin bekerja. Juga untuk pertama kali Honda menggunakan bantalan (bearing) jarum tipe shell untuk as lengan pelatuk katup.
Radiator
Perubahan lain adalah memperbaiki kinerja inti radiator sehingga kemampuan kinerja 1,5 kali lebih baik dari yang digunakan sekarang. Hal tersebut diperoleh karena ukuran kipas makin kecil, bobotnya juga makin enteng. Kipas yang dipasang di belakang radiator menurunkan gesekan 30 persen dibandingkan pada mesin yang sama dan digunakan sekarang ini.
Kapasitas oli juga dikurangi 20 persen dengan memodifikasi rumah transmisi. Kerugian oli juga bisa dikurangi. Bantalan untuk setiap poros transmisi dirancang sesuai dengan beban yang diterimanya sehingga mengurangi gesekan 20 persen saat melaju pada 50kpj.
penjelasan lain :
CVT ditingkatkan efisiensi dnegan menggunakan sabuk karet yang sangat elastis |
0 comments:
Post a Comment